Cuple Work 250 x 306



 

Wisata Hemat Korea Musim Dingin

Oleh Dinna Mulyani

Persiapan Perjalanan

Sudah memasuki tahun baru 2013, and we so excited..why? karena sebentar lagi kita akan memulai pejalanan perdana kita di tahun 2013 ini..where? we are going to SEOUL…KORSEL….yeeeey….

Perjalanan ke seoul awalnya gak masuk daftar perjalanan kita tahun ini, ciyus? Bener tau ndiri kan, kita pikir tiketnya pasti gak murah ,trus biaya hidup di sana juga lebih tinggi. Harus ngurus visa pula…Ya maklum sebagai backpacker, dana perjalanan kita terbatas la yaw…hehehe.

Tapi emang rejeki gak ke mana, thanks to Air Asia yang pada Mei 2012, ngadain promo gede-gedean, selain free seat, tiket perjalanan ke beberapa negara juga dijual sangat murah. Ada dua pilihan waktu itu ke Jepang atau Korea Selatan, dan ternyata harga tiket ke Seoul lebih murah daripada Tokyo…dan terbersitlah ide untuk melihat salju di sana, waah pasti keren bangett…dan kebetulan promo perjalanan pas banget ketika waktu musim dingin di Seoul (antara Desember hingga Maret). So kita cek perjalanan di februari 2013, and yes we got the promo ticket to SEOUL…tiket jkt-kl nya kita dapat free seat, sedangkan kl-jkt sekitar 500rb. Untuk kl-incheon pp berapa tiketnya? Cuma 2.5jt booo…bayangin kalo naik airline yang fullboard, atau harga kursi yang regular, kita harus keluar 5-6jt pp untuk menuju Seoul. Alhamdulillah rejeki gak kemana. Kita booking tiket untuk perjalanan tanggal 19-24 Februari 2013. Demi apa? Ya demi salju doung hihihi…oya karena ini perjalanan panjang, kita saranin si beli bagasi, apalagi pas musim dingin, bawaan pasti lebih banyak dari biasanya, disesuaikan saja bagasinya dengan perkiraan barang bawaan kita. Dari pada over bagasi, ntar jatuhnya kita bayar lebih mahal, gak mau kan???

Cover TH Korea 200 White

Karena pada saat booking tiket masih mei, kita mutusin nanti aja cari hostel/guesthouse di seoul. Hal pertama paling penting yang harus kita pelajari adalah bagaimana caranya bisa dapet visa Korea Selatan. Sesuai ebook TravelHemat Korea dari Pak Agung Basuki yang saya beli dari TravelHemat.com, ini persyaratan visa-nya (bisa juga buka link dari kedubes korea di http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/visa/apvisa/index.jsp.)

Banyak tipe visa, untuk visa wisata, kita bisa pilih short term visa single khusus untuk turis. Persyaratan umumnya:

1. Formulir aplikasi, bisa download di sini: http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/images/res/visakorean.pdf

Formulir ini kudu diisi semua, jangan sampe ada yang kosong, termasuk nama, alamat, email, no. ktp, no paspor, dll dan harus ditandatangani sendiri oleh yang berangkat.

2. Foto berwarna terbaru 1 lembar (4 x 6 cm) ditempel di formulir aplikasi

3. Paspor Asli dan Fotokopi (Fotokopi halaman identitas dan cap/stiker visa Negara yang udah pernah dikunjungi).

4. Biaya Visa (Biaya visa tidak dapat dikembalikan): Single Visa (Di bawah 90 hari) : USD 30 (Rp. 288.000), sedangkan Single Visa (Di atas 90 hari) : USD 50 (Rp. 480.000)

Persyaratan lainnya:

1. Kartu Keluarga (KK)

2. Surat Keterangan Kerja (Sponsorhip Letter). Untuk contoh surat keterangan kerja, bisa hubungi support[@]TravelHemat.com

3. Fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir + referensi bank (paling gampang minta ke customer service bank rekening Koran 3 bulan terakhir beserta referensi banknya), langsung jadi.

Dari ebook Pak Agung, ada beberapa persyaratan yang tidak disebutkan di website kedutaan tapi bisa membantu mempermudah persetujuan dari pihak kedubes, yaitu:

1. Tiket pulang pergi yang sudah confirmed

2. Bukti pemesanan penginapan yang sudah confirme.

3. Rencana perjalanan selama di korea selatan, rincian dari hari pertama sampe pulang mau kemana aja rencananya.

4. Asuransi Perjalanan

Kalau sudah siap dokumennya semua, kita bisa apply visa di kedutaan besar korsel di Jakarta. Alamatnya saat ini di The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350, lantai 30. Jam masukin visa antara jam 9-12 pagi, prosesnya 3-4 hari, nanti jam ambilnya antara jam 14-16 sore.

Nah kalo bicara musim, katanya sih ke sana baiknya pas musim semi (Maret –Juni) dan musim panas (Juli – Oktober), tapi karena kita memang targetnya musim dingin dengan harapan ketemu salju (hee…norak banget), makanya februari ini kita rencanakan ke sana. Karena musim dingin, beberapa perlengkapan yang wajid dibawa/dipakai (nyontek dari ebook TravelHemat Korea - nya pak agung lagi hehehe):

  1. Lotion untuk badan/wajah dan lipgloss, krn ketika musim dingin, kulit menjadi kering dan cenderung pecah-pecah, sehingga perlu lotion untuk badan/wajah dan lipgloss untuk bibir kita utk membantu kelembaban kulit. Wajib dibawa sepanjang perjalanan, karena harus dipakai berulang2 untuk menjaga kelembaban kulit.
  2. Long john (baju dalam untuk musim dingin), baju/kaos lengan panjang, sweater/hoodie, baru lapis terakhir adalah jaket.
  3. Jangan lupa sarung tangan, kaos kaki, syall, topi, earmuff, masker dan sepatu boots untuk menjaga badan kita tetap hangat
  4. Obat-obatan yang diperlukan

Sudah memasuki bulan januari 2013, kita pun mulai cari hostel - guesthouse yang sesuai budget kita, dan beruntung ada hostel baru yang baru berdiri akhir 2012, dan harganya pun sesuai dengan budget kita, dari review-nya juga bagus, kamar dan fasilitasnya pun sesuai harapan. Namanya Khaosan Seoul Insadong, hebatnya lagi, posisinya strategis banget, ada di pusat kota yang menjadi tempat wisata wajib di Seoul. Totalnya masing2 kita share Rp. 1 juta juta untuk 4 malam menginap disana, sudah dengan sarapan.

Selanjutnya adalah tuker uang. Mata uang korea selatan adalah won. 1 wonnya senilai 9.1 – 9.5 rupiah. Kita bawa sekitar 350rb won, kita harap cukup untuk bayar akomodasi, makan, transport dan tentu saja beli oleh2 ala kadarnya (baca gantungan kunci dan tempelan kulkas) hihihi…

Akhir januari, kita mulai mengumpulkan data-data untuk keperluan apply visa, dan awal februari 2013, akhir nya kita siap maju ke kedubes, di Plaza Office Tower, MH Thamrin.

Sampai lantai 30, kita tinggal masuk ke ruangan apply visa, masukin semua dokumen sesuai yang diperyaratkan, dan dapat tanda terima untuk ambil visa 3-4 hari kemudian pada jam 14-16 (jam pengambilan visa). Dan 4 hari kemudian, kita pun segera meluncur kembali ke Plaza Office Tower and eng..ing eng….we got the visa..yeeey….ready to fly…

visa turis korea photo visakoreaDinnaMulyani.jpg

Lanjutkan Membaca ke Bagian ke 2

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php