Cuple Work 250 x 306



 

UPDATE PENTING Visa Eropa (Schengen) Bag. 1

CATATAN PENTING I:

Sebaiknya Anda ‘Bookmark’ halaman situs ini supaya bisa kembali mengunjunginya dengan mudah di lain waktu. Ada banyak informasi berguna seputar persyaratan visa Eropa (Schengen) yang bakal saya up-date setiap waktu sesuai perkembangan, berikut tips & tricks bagaimana menyiasatinya agar aplikasi visa Anda bisa GOL dengan resiko kerugian finansial seminimal mungkin.

Lantaran cukup panjang, tulisan ini harus saya bagi dalam 2 bagian. Klik link di bagian bawah halaman ini untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya.

***

Akhir-akhir ini, banyak teman member komunitas TravelHemat.com sudah pada berani untuk berencana melakukan perjalanan secara independen ke Eropa.

Banyak yang mengirim email ke saya menanyakan hal-hal seputar tahap-tahap persiapan. Awalnya banyak yang ragu-ragu dengan gimana cara mencari dan memesan tiket pesawat yang murah meriah, cara mencari penginapan murah namun strategis, masalah persyaratan visa yang konon sulitnya minta ampun, dan lain-lain…

Namun, setelah membaca jurus-jurus yang dijabarkan secara detil melalui berbagai serial e-book yang ada di situs TravelHemat.com, sedikit demi sedikit banyak yang teryakinkan dan saat ini ada banyak sekali teman-teman yang ingin menjajal keindahan kota-kota besar di Eropa maupun kecantikan pemandangan alamnya berikut kekayaan budaya dari berbagai negara di benua eksotis tersebut.

Photobucket

Beli E-Book TravelHemat Eropa 1 Sekarang!

Dari segi biaya perjalanan, benar sekali, apabila kita merencanakan perjalanan tersebut dengan cermat, sangat besar kemungkinan kita bisa melakukan penghematan yang kalau dihitung-hitung… bisa mencapai jutaan rupiah/orangnya. Wah, menarik sekali kan?

E-Cover TH Switzerland

Beli E-Book TravelHemat Switzerland Di SINI!

Apa itu Visa Schengen?

Negara-negara di Eropa saat ini sebagian besar sudah bergabung menjadi ’satu’ untuk urusan pemberian visa kunjungan bagi para pengunjung dari luar wilayah mereka. Ada lebih dari 25 negara Eropa yang saat ini telah menyatukan sistem pengurusan visa mereka. Jadi, apabila kita masuk dari salah satu negara yang bergabung dalam sistem Schengen, maka secara otomatis kita bisa berkunjung ke negara-negara anggota yang lainnya tanpa perlu mengajukan aplikasi visa secara terpisah ataupun mengalami pemeriksaan imigrasi saat di perbatasan antar negara.

Negara-negara Eropa yang masuk dalam sistem Schengen adalah: Belanda, Belgia, Luxemburg, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Austria, Jerman, Republik Ceko, Hungaria, Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Yunani, Estonia, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Slovakia, Slovenia, dan yang terakhir bergabung (akhir Oktober 2008) adalah …. Switzerland.

Photobucket

Persyaratan Umum Visa Schengen

Berikut adalah persyaratan umum Visa Schengen:

1. Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan (baru & lama)
2. Surat Sponsor dari perusahaan tempat bekerja dalam bahasa Inggris
3. Surat Undangan (jika kunjungan dilakukan dalam rangka bisnis)
4. Foto copy SIUP
5. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir (Bukti Keuangan dari perusahaan jika kunjungan dilakukan untuk keperluan bisnis)
6. Referensi Bank asli sesuai dengan Bukti Keuangan
7. Konfirmasi Pemesanan Hotel/Penginapan.

8. Asuransi Perjalanan

9. Print Out Tiket Perjalanan
10. Foto copy Kartu Keluarga, Surat Nikah, Akte Lahir, Ganti Nama jika ada
11. Foto copy Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah
12. Foto terbaru ukuran 4×6 (2 lembar) warna background putih
13. Foto copy Credit Card
14. Isi dan tanda tangan Formulir
15. Tidak menutup kemungkinan untuk diminta menunjukkan Bukti Keuangan asli pada saat pengajuan Visa khususnya untuk Kedutaan Schengen.

Jika ada anggota keluarga yang tinggal di negara tersebut dan dia berminat untuk mengundang Anda ke Eropa, maka Anda wajib melampirkan :
1. Foto copy Paspor dan Visa orang yang tinggal di negara tersebut.
2. Bukti Hubungan (keluarga) seperti Akte Kelahiran.
3. Surat Undangan dari anggota keluarga di Eropa yang disahkan oleh pemerintahan setempat.

Lanjutkan >>

CATATAN PENTING II:

Baca ulasan khusus tentang Pentingnya Asuransi Perjalanan DI SINI!

2 Kali ke Eropa, 2 Kali kena Musibah!

Baca juga tips & tricks menyiasati rumitnya persyaratan visa seputar bukti konfirmasi pemesanan penginapan (hotel/hostel) untuk keperluan kelengkapan persyaratan visa, DI SINI!