Cuple Work 250 x 306

Traveling Hemat Ke Jepang

By Puspita Herawati

Kami berlibur di Jepang bulan Juni 2014.

Perjalanan yang diawali dengan keinginan yang kuat untuk menikmati keindahan Jepang, akhirnya dapat terlaksana dengan memuaskan.

Pak Agung banyak membantu. Pak Agung begitu baik mau segera membalas pertanyaan-pertanyaan dari email yang saya kirimkan, walau kadang saya berpikir ada pertanyaan-pertanyaan yang kecil, tapi pak Agung dengan sabar dan cepat menjawab.

Klook.com

Perjalanan ke Jepang pertama saya bersama suami dan anak-anak. Kami berlima naik Air Asia yang transit di Kuala Lumpur. Sampai di Bandara Haneda sekitar pukul 23:00.
Saya memesan hotel yang dekat bandara di daerah Kamata karena memperhitungkan kalau perjalanan tengah malam ke pusat kota Tokyo akan sangat mahal dengan taksi sebab kendaraan umum rata-rata berhenti beroperasi menjelang tengah malam. Kami naik bus ke hotel di Kamata.

Cover TH Jepang 200 White

Untuk menuju ke hotel, kami harus berjalan kaki dari pemberhentian bus. Saya bertanya kepada anak muda yang kebetulan berada di dekat situ, ke arah mana kami harus berjalan untuk menemukan hotel tersebut. Karena saya pikir apabila bertanya dengan anak muda mereka bisa berbahasa Inggris. Ternyata saya keliru, dia tidak tahu. Tetapi memberi kode dengan tangan, menunjuk ke arah polisi yang ada tidak jauh dari situ.
Setelah itu saya mendekati polisi di situ dan bertanya ke arah mana untuk menuju hotel tersebut. Polisi itu juga tidak bisa berbahasa Inggris. Tapi dia mengerti, dan dia menerangkan dengan peta dan menunjukkan arah kemana menuju hotel tersebut dengan menunjuk lewat peta. Akhirnya kami dapat menemukan hotel tersebut dengan cepat.

Klook.com

Keesokan harinya baru kami menuju ryokan yang sudah kami pesan sebelumnya, ryokan tersebut berada di Asakusa.
Kami cek in dan menitipkan sebagian barang-barang. Kemudian kami ke Shinjuku, membeli tiket bus ke Lake Kawaguchi.
Semua berjalan lancar dan baik. Kami bisa melihat gunung Fuji yg sebagian puncaknya tertutupi salju dengan indahnya.
Kami kembali ke Shinjuku, dari Stasiun Kawaguchi sekitar jam 18:00. Kami lanjutkan ke daerah Shibuya dan ke stasiun Tokyo membeli tiket shinkansen untuk 2 hari yang akan datang. Kami membeli makanan juga dan kembali ke ryokan, makan malam di ryokan.

Hari selanjutnya kami ke Disneyland dan Disneysea, 2 hari berturut-turut.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Kyoto, tapi sebelumnya kami ke Kaminarimon Gate, Nakamise street, Sensoji temple dan Tokyo Sky Tree. Kami cek in di hotel sudah malam. Jadi tidak lama kami sampai hotel, kami beristirahat.

Keesokan harinya kami ikut misa di Cathedral yang dekat dengan hotel. Kami ke Nishiki market, Kiyomizudera, Gion dan makan di Pontocho Kappa Zushi juga.

Hari berikutnya kami ke Universal Studio Japan. Perjalanan dari Kyoto 2 jam lebih karena kami santai , dan keliru kereta juga ketika di stasiun Nishikujo. Saat kereta berhenti di stasiun Nishikujo, disebelahnya ada rel kereta api yang ke jurusan Universal City. Ketika ada kereta datang, kami segera naik. Ternyata kereta itu tidak menuju ke Universal City. Setelah beberapa pemberhentian dan saya bertanya kepada seorang penumpang, baru kami tahu kalo kami salah kereta. Jadi kami turun di pemberhentian selanjutnya dan ganti kereta untuk kembali ke stasiun Nishikujo lagi.

Di stasiun Nishikujo saya bertanya ke beberapa orang, akhirnya kami tahu kalau jalur kereta itu ternyata tidak hanya khusus untuk ke Universal City. Pengalaman berharga buat kami. hehehe.

Hari selanjutnya kami ke Saga, Kameoka dan Arashiyama. Kami naik romantic tram dari Saga ke Kameoka. kemudian naik bus menuju ke dermaga untuk naik perahu menikmati keindahan Hozugawa selama 100 menit dan jalan-jalan di Arashiyama. Dari Arashiyama kami kembali ke hotel untuk mengambil barang-barang yang kami titipkan di hotel.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Kansai Airport dengan Haruka Express.
Kami bermalam di Kansai dan kembali ke Indonesia dengan Air Asia .

Benar-benar perjalanan travelling yang indah dan mengesankan.
Terima kasih pak Agung dengan bantuannya.

Di musim semi tahun ini (2016) saya ke Jepang lagi bersama suami , anak saya yang nomer tiga dan mertua.

Salam sukses selalu pak Agung.

PS: kami kehilangan memori card kamera yang banyak menyimpan foto-foto perjalanan ke Jepang tahun 2014 sehingga tidak bisa menampilkan foto-foto perjalanan tersebut di sini.