Cuple Work 250 x 306



 

Tips Aplikasi Visa Turis USA

By Wynni Eunike

Selama ini aplikasi visa kunjungan ke USA dikenal agak berbelit dan ribet prosesnya. Mulai dari cara pengisian form aplikasi online yang membingungkan, kemudian penggunaan istilah-istilah untuk pengisian formulir yang tidak mudah dimengerti dan berbagai persyaratan dokumen pelengkap aplikasi. Banyak pula yang merasa kuatir aplikasinya ditolak karena berbagai sebab.

Nah, di bawah ini adalah sebuah testimoni dari salah satu member TravelHemat.com yang baru saja berhasil melakukan aplikasi visa USA secara mandiri dan mendapat persetujuan instan saat dilakukan wawancara dengan pihak konsulat USA di Surabaya. Silakan ikuti penuturan Ibu Wynni di bawah ini:

Photobucket

Puji Tuhan , permohonan visa USA saya disetujui pada hari Jumat tanggal 26 September 2014.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang saya persiapkan dalam melakukan aplikasi / pengurusan visa USA:

Persiapan:

- Pengurusan visa dilakukan melalui Konsulat Amerika di Surabaya.
- Saya mengikuti saran Mas Agung TravelHemat.com untuk membaca semua aturan dan ketentuan serta membaca bagian tanya jawab pengurusan visa yang semuanya lengkap terdapat di Website Kedutaan Amerika sebelum melakukan pengisian data secara online. Jangan terburu-buru untuk melakukan pengisian sebelum membaca seluruh petunjuk di website dan pastikan Anda menyediakan cukup waktu untuk membaca dan memahami panduan yang diberikan.
- Pada saat melakukan pengisian form aplikasi secara online juga tersedia panduannya, bahkan ada juga terjemahan bahasa Indonesianya.
- Pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160) saya lakukan sendiri.
- Persiapkan data/dokumen untuk menjawab semua pertanyaan menyangkut data di Pasport, alamat tempat menginap di US (alamat lengkap hotel), berapa lama rencana berada di US, pekerjaan tetap di Indonesia (nama instansi dan jabatan berikut jumlah gaji yang diterima perbulan), nama dan alamat orang tua. Jangan lupa untuk MENGISI DENGAN JUJUR setiap pertanyaan yang ada di formulir tersebut sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Karena apabila pihak kedutaan curiga pada satu atau beberapa hal dari keterangan yang kita isikan, maka aplikasi visa bisa ditolak.

Hotel Murah USA photo HotelMurahUSA.jpg

- Biaya aplikasi visa Rp 1.920.000 sifatnya non-refundable (tidak dikembalikan apabila aplikasi ditolak) dan saya bayarkan melalui Bank Permata Manado. Untuk pembayaran harus disertai dengan keterangan nominal yang harus dibayarkan yang diprint melalui website.

- Setelah itu pilih jadwal wawancara dari opsi yang tersedia di website.

- Untuk memperkuat aplikasi, saya juga menyiapkan surat keterangan kerja dari kantor, membuat rencana perjalanan harian selama di USA, booking hotel (karena ada pertanyaan di form DS 106 tentang lokasi tinggal selama di US).
- Disamping itu juga saya membawa dokumen asli dan foto copy dokumen berikut untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan, seperti: KTP, Pembayaran Pajak Pribadi TAHUN 2013, NPWP, Ijazah dari SD s/d Sarjana, Akte kelahiran, Akte nikah orang tua, Kartu Keluarga, Rekening Bank ASLI dan fotocopy yang sudah dilegalisir, dan print screen tulisan saya di web TravelHemat.com tentang testimoni perjalanan saya selama 16 hari melakukan backpacking sendirian ke Korea Selatan.

Tas Rahasia Penyimpan Uang photo THS01THS02.jpg

Pada hari wawancara:

- Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan seperti: form wawancara, form DS160, paspor terbaru, pas foto terbaru, lembar konfirmasi wawancara (semuanya didapatkan dari website setelah kita selesai mengisi aplikasi permohonan visa secara online dan setelah membuat janji wawancara).
- Saya tiba jam 07.30 walaupun jadwal yang tercantum di jadwal wawancara adalah jam 08.45. Berpakaianlah yang rapi dan kenakan sepatu, karena ini akan memberikan impresi yang berbeda dibandingkan mereka yang datang dengan dandanan seadanya.
- Saya langsung masuk antrian dan kebetulan antrian hanya beberapa orang saja.
- Oleh petugas saya disuruh menyiapkan form wawancara, form DS 160 (pastikan sudah diprint di atas kertas A4 dengan kualitas print bagus agar barcode dapat discan dengan benar), passport terbaru dan pas foto terbaru.
- Masuk pemerikasaan keamanan pertama.
- Masuk ruang penerimaan dokumen dan wawancara.
- Dokumen diterima oleh petugas dari Indonesia sambil diperiksa dan ditanya apa jabatan pekerjaan saya di kantor.
- Setelah itu disuruh menunggu untuk wawancara.
- Wawancara dilakukan oleh petugas pria dari Amerika.
- Beberapa pertanyaan yang diajukan pada saya: tujuanke US, pergi dengan siapa (apakah pergi dengan teman atau ikut tur), apakah punya saudara di USA? Jawablah pertanyaan sesuai dengan yang sudah diisikan di formulir aplikasi secara online.

Manfaat Asuransi Perjalanan photo bannermanfaatasuransiperjalanan.jpg

- Kebetulan waktu itu saya menjawab bahwa saya berencana melakukan perjalanan seorang diri ke USA. Petugas tersebut sempat bingung karena mungkin orang Indonesia dianggap belum terbiasa untuk ‘jalan’ sendiri ke luar negeri. Untuk meyakinkan, saya tunjukkan itinerary perjalanan yang sudah saya lakukan selama di Korea Selatan tempo hari dan juga print out dari artikel testimoni saya yang dimuat di blog TravelHemat.com tentang perjalanan saya ke Korea Selatan beberapa tahun lalu.
- Secara keseluruhan proses wawancara berjalan sangat nyaman dan penuh canda.
- Tak lama kemudian petugas pewawancara saya itu mengatakan bahwa aplikasi visa saya disetujui.
- Semua proses mulai dari masuk pertama kali untuk pemeriksaan keamanan hingga proses wawancara dan keputusan lolos/tidaknya aplikasi visa memakan waktu tidak sampai 30 menit.
- Meski demikian ada juga beberapa orang yang proses aplikasinya berjalan lama. Ini lebih disebabkan oleh si aplikan sendiri yang tidak membawa lengkap persyaratan dokumen dan banyak bertanya hal-hal yang tidak esensial. Akibatnya jika persyaratan tidak lengkap, kita tidak akan dilayani dan harus kembali lagi di hari lain. Jika semua dokumen sudah dipersiapkan dengan lengkap sesuai yang dipersyaratkan di website, maka proses aplikasi tidak akan berjalan lama.

Semoga informasi ini bermanfaat

Cover TH USA 2 - 300 pix white

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php