Cuple Work 250 x 306



 

Pesona Cameron Highlands

Salah satu objek wisata yang sangat indah di Semenanjung Malaysia namun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia adalah Cameron Highlands. Wilayah pegunungan yang terkenal sebagai penghasil teh utama di Malaysia ini memiliki hawa nan sejuk dengan suhu udara rata-rata 20 derajat Celcius dengan pemandangan kebun teh sangat spektakuler terhampar di berbagai wilayahnya yang berbukit-bukit.

Tea Plantation di Cameron Highlands photo TeaPlantationoftheCameronHighlands.jpg

Pemandangan Perkebunan Teh Yang Spektakuler

Tidak cuma itu, Cameron Highlands juga dikenal sebagai penghasil buah strawberry berkualitas prima yang hasilnya banyak diekspor ke berbagai negara di Asia termasuk Indonesia.

Strawberry Farm photo Strawberryfarms.jpg

Salah Satu Strawberry Farms di Cameron Highlands

Salah satu fenomena menarik dari Cameron Highlands ini adalah bahwa di daerah ini banyak terdapat berbagai bangunan tua yang gaya arsitekturnya dibuat menyerupai bangunan-bangunan megah bergaya Eropa. Salah satu alasannya adalah bahwa daerah ini di masa lalu dijadikan tempat peristirahatan bagi pendatang (dan penguasa) dari Inggris yang menduduki wilayah Malaysia selama berabad-abad lamanya, sehingga tak pelak banyak sekali bangunan dengan arsitektur khas Eropa yang terawat baik bisa dijumpai hingga saat ini. Ditunjang kondisi cuaca dan suhu udaranya yang senantiasa sejuk, maka apabila kita berada di tempat ini, seakan-akan kita sedang berada di salah satu wilayah negara Eropa saat musim semi.

Old Smoke House Cameron Highlands photo TheOldSmokeHouseCH.jpg

The Old Smoke House - Cameron Highlands

Perjalanan ke Cameron Highlands bisa ditempuh dengan menumpang bus dari Kuala Lumpur. Bus berangkat dari Terminal Bas Puduraya (atau dikenal juga dengan sebutan Terminal Bas Pudu Sentral). Catatan: Silakan membaca panduan tentang Pudu Raya Bas Terminal KL di SINI.

The LakeHouse Cameron Highlands photo The_Lake_House.jpg

Tiket sekali jalan hanya berkisar antara 30-35 MYR dengan durasi perjalanan one way sekitar 4 jam. Bus yang dipergunakan rata-rata bagus dan bersih dengan konfigurasi penumpang hanya 2+1 kursi di setiap barisnya. Kapasitas bus rata-rata antara 25 sampai 31 penumpang saja. Jarak antar kursi antar baris cukup lebar sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman.

Cameron Highlands Resort photo CameronHighlandsResort.jpg

Cameron Highlands Resort

Sepanjang perjalanan menuju Cameron Highlands, bus bakal melalui jalanan yang berkelok-kelok dan menanjak di sisi tebing nan curam. Pemandangan alam tampak semakin cantik tatkala bus semakin mendekati kawasan Tanah Rata yang menjadi pusat terminal bus utama di Cameron Highlands.

Hampir setiap bus yang melayani rute perjalanan dari/ke Kuala Lumpur – Cameron Highlands senantiasa penuh penumpang. Karena itu, sangat disarankan untuk Anda membeli tiket bus untuk tujuan wisata yang satu ini jauh-jauh hari sebelum perjalanan dilakukan. Biasanya penjualan tiket dilakukan secara online mulai H-30 dari tanggal perjalanan yang Anda rencanakan. Jika Anda membeli tiket bus ke Cameron Highlands mendekati hari H perjalanan, besar kemungkinan bahwa tiket bus bisa terjual habis.

Tiket bus dari/ke Kuala Lumpur – Cameron Highlands bisa dibeli secara online menggunakan kotak pencari di bawah ini:



Apabila kotak pencari tidak bekerja dengan baik, silakan klik banner di bawah ini untuk mencari jadwal perjalanan bus dan melakukan pembelian tiket bus secara online.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembelian tiket bus secara online, atau tidak memiliki kartu kredit untuk bertransaksi, silakan hubungi kami di support[@]TravelHemat.com untuk bantuan pembelian. Informasikan hal sebagai berikut:
- tanggal dan bulan perjalanan dilakukan
- kota keberangkatan
- kota tujuan
- jumlah tiket yang hendak dibeli
- nama penumpang sesuai paspor dan nomor paspor
- nomor handphone yang aktif saat perjalanan dilakukan

Transportasi menggunakan bus dari KL ke Cameron Highlands adalah pilihan paling efektif dari segi biaya. Apabila menumpang taksi dari Kuala Lumpur, biaya charter taksi yang dikenakan adalah sekitar 500 – 800 MYR untuk taksi sedan dengan kapasitas maksimal 4 orang dewasa sekali jalan. Kondisi taksi pun harus dipilih yang benar-benar prima dan sopirnya pun harus sangat berpengalaman, karena medan perjalanan menuju dan selama di Cameron Highlands cukup berat, sehingga jika mobil yang dikendarai tidak bagus kondisinya, sangat membahayakan bagi keselamatan penumpangnya.

Setiba di Cameron Highlands, Anda bisa bergabung dengan salah satu operator wisata yang beroperasi di sana untuk bisa menikmati keindahan pemandangan alam Cameron Highlands secara maksimal. Salah satu operator wisata yang kami rekomendasikan adalah Eco Cameron Tours yang memiliki program Full Day Experience Tour mengunjungi berbagai objek wisata di daerah tersebut seperti: menikmati pemandangan hamparan kebun teh dengan pemandangan spektakuler, mengunjungi perkebunan strawberry, mengunjungi pabrik pembuatan teh dan mencicipi nikmatnya teh produksi Cameron Highlands, jungle walk di Mossy Forest yang terletak di titik tertinggi Cameron Highlands, kunjungan ke insect & butterfly farm, museum Time Tunnel yang memiliki koleksi beragam kisah dan foto bersejarah Cameron Highlands, dan lain sebagainya. Biaya tur berdurasi 8 jam tersebut adalah 90 MYR untuk dewasa dan 70 MYR untuk anak-anak.

BOH Tea Plantation photo PemandangandariBOHSungaiPalasTeaFactory.jpg

BOH Tea Plantation

Jika Anda berencana untuk mencharter kendaraan pribadi untuk perjalanan berkeliling Cameron Highlands, bisa dilakukan dengan membayar 720 MYR untuk seharian penuh di mana Anda akan mendapatkan fasilitas 1 buah kendaraan 4 wheel drive (sejenis jeep untuk medan berat) dan sopir yang berpengalaman.

Time Tunnel Galeria Museum photo TimeTunnelGaleriaMuseum.jpg

Idealnya, kunjungan ke Cameron Highlands ini dilakukan dengan menginap minimal 1 malam. Di daerah ini terdapat banyak penginapan dari yang kelas backpacker hingga yang bintang 5. Beberapa hotel berbintang 5 beroperasi di lokasi gedung-gedung tua berarsitektur khas Eropa sehingga Anda seakan tinggal di Eropa. Beberapa penginapan yang terletak di daerah dengan pemandangan yang bagus adalah Cameron Highlands Resort (5*), The Lakehouse (5*) dan Old Smoke House (4*).

Pemesanan penginapan di Cameron Highlands bisa dilakukan melalui situs www.DaftarHotelMurah.com (Pembayaran menggunakan kartu kredit atau Paypal).

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit dan memerlukan bantuan untuk melakukan pemesanan penginapan di Cameron Highlands, Anda bisa menghubungi kami melalui email di support[@]TravelHemat.com.
Informasikan: tanggal cek in, tanggal cek out, berapa kamar yang dibutuhkan dan di penginapan mana Anda ingin menginap.

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php