Cuple Work 250 x 306

Perjalanan Independen ke Australia

Oleh Linda

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Agung. Karena dengan buku panduan TravelHemat Australia, saya bisa berkeliling Australia.

Saya dan keluarga memang setiap tahun saat liburan Idul Fitri selalu travelling tanpa mengikuti tour. Kami selalu independent karena membawa anak-anak.

Foto cowboy photo Fotodengankostumcowboy.jpg

Tapi baru tahun ini secara tidak sengaja membaca buku tulisan Pak Agung yang diterbitkan di Gramedia, akhirnya saya membeli buku panduan Wisata Hemat ke Australia (Sydney dan Melbourne). Lantaran di buku panduan tersebut ada website pak Agung, saya juga membeli ebook serial TravelHemat Australia.

E Cover TH Australia

Saya senang bisa mendapatkan banyak informasi dari buku dan ebook tersebut, Di dalam buku juga lengkap dengan peta. Pokoknya ngak salah membeli buku panduan tersebut. Semua yang tertera di dalamnya adalah benar…

Apalagi sebelum berangkat saya juga banyak bertanya langsung ke Pak Agung, dan asyiknya selalu mendapat Quick Respond…. thanks a lot ….

Kami travelling 28 July - 13 August 2014

28 July dengan pesawat Qantas kami ke Sydney. Menginap di Hotel Ibis World Square. Perjalanan ke hotel kami naik taxi AUD 70 karena ber 5.

29 July pagi langsung ke Darling Harbour, Sydney Aquarium, Madame Tussaud’s Museum. Karena jaraknya tidak jauh dari hotel, kami hanya jalan kaki saja ke sana. Hotel Ibis World Square juga dekat ke Paddy’s Market, dan cukup jalan kaki juga untuk mencapai Central Station.

berpose dengan suami + anak photo LindadiAustralia.jpg

30 July ke Blue Mountains (menginap).
Sebelum ke Blue Mountain, kami singgah di Featherdale Wildlife. Naik kereta api, kami turun di Blacktown dan dilanjutkan menumpang Bus#725 menuju Featherdale Wildlife.
Baru setelah itu, kami melanjutkan perjalanan kembali ke Blue Mountain naik kereta api. Sesampai di Katoomba Station, kami beli tiket bus HoHo untuk keliling ke berbagai objek wisata di Blue Mountains dan sekitarnya. Asyiknya lagi, bus yang kami tumpangi itu memiliki halte perhentian di dekat hotel yang kami pesan yakni Three Explorer Motel. Dan di seberang penginapan, terdapat salah satu objek wisata terkenal yang menjadi perhentian bus HOHO juga yaitu Chocolate House.

31 July Blue Mountains
Pagi hari kami berjalan kaki mengunjungi Three Sisters yang menjadi ikon dari Blue Mountains. Dari penginapan jaraknya tidak terlalu jauh. Setelah itu, kami lanjutkan perjalanan menuju Scenic World menumpang HOHO Bus yang sama.
Kami kembali ke Sydney menumpang kereta api dari Leura Station. Perjalanan ke Leura Station juga kami lakukan dengan menumpang HOHO Bus tersebut.

1 Agustus
Kami berkeliling kota Sydney dengan menumpang bus Hop on Hop Off (HOHO) Sydney Explorer.
Meski sebenarnya ada bus gratis yang beroperasi di pusat kota Sydney, rute perjalanannya hanya sebatas di sepanjang St. George Street hingga Circular Quay saja. Karena itu kami memutuskan untuk membeli tiket HOHO bus tersebut.

Moreton Island photo FeedingDolphindiMoretonIsland.jpg

2 Agustus Sydney – Goldcoast
Kami terbang dari Sydney menuju Goldcoast. Tiba di Gold Coast, kami menginap di Grand Chancellor Hotel, Surfer Paradise. Letak hotel ini sangat strategis karena tepat di sampingnya terdapat pusat perbelanjaan (Mall), dan di lantai bawah hotel terdapat supermarket.
Karena hari masih siang, kami isi agenda hari itu dengan menumpang Aqua Duck Tour dan malam harinya kami menyaksikan Outback Spectacular.

3 – 4 Agustus: Tangalooma (menginap)
Dari Goldcoast kami melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam menuju dermaga ferry menuju Tangalooma. Perjalanan menuju dermaga ferry tersebut kami tempuh dengan menyewa minivan seharga 170 AUD. Kami menginap di Tangalooma Island Resort.

5 Agustus Tangalooma ke Paradise Country
Kami berangkat dari Tangalooma dengan ferry jam 08.30 supaya waktunya pas sampai di Paradise Country karena ada show time bisa menyaksikan atraksi pencukuran bulu domba.

6 Agustus Movie World.
Seharian penuh kami berkunjung ke Movie World. Namun kami sedikit kecewa karena ternyata Movie World-nya agak kecil. Kalau dibandingkan Tokyo Disneyland rasanya jauh sekali bedanya…

7 Agustus Goldcoast - Melbourne
Dari Goldcoast kami terbang menuju Melbourne. Di Melbourne, kami menginap di Swanston Hotel yang terletak di Swanston Street yang dekat sekali dengan area Chinatown.

menggendong koala photo MenggendongKoala.jpg

8 Agustus Philip Island, Maru Koala Park, Penny Chocolate Factory.
Hari ini karena rute perjalanan agak jauh, kami memutuskan untuk menyewa minivan (700 AUD).

9 Aug Ballarat Gold Trial (book minivan)AUD 700

10 Aug Mount Buller (menginap)
Kami menumpang bus V/line Service pagi hari dari Southern Cross Station di Melbourne. Perjalanan menuju Mensfield membuthkan waktu sekitar 3 jam. Dari sini, kami berpindah bus menuju Mount Buller dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam. Tiba di Mount Buller bus terminal, kami lanjutkan perjalanan naik taksi menuju Alberg Hotel (hotel tertinggi di area Mount Buller).
Namun saran kami untuk teman-teman yang hendak menginap di Mount Buller, sebaiknya memilih Alpine Hotel saja, karena letaknya lebih di pusat kota sehingga jika ingin mencari makanan akan lebih mudah.

11 Aug Mount Buller (menginap)

12 Aug Mount Buller to Melbourne

13 Aug Melbourne to Jakarta

main salju di Mount Buller photo MainsaljudiMountBuller1.jpg

Selama Perjalanan, terus terang saya tidak dapat menghemat biaya. Karena saat di Goldcoast dan Melbourne saya menyewa van berikut driver. Memang ada beberapa tempat yang tidak sempat kami kunjungi, karena anak-anak kurang berkenan. Namun yang penting kami jalan santai bersama keluarga dan puas menikmati liburan kami.

Meski demikian, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pak Agung. Walau biaya perjalanan yang kami keluarkan masih terhitung besar, namun untuk rute perjalanan yang kami ikuti sesuai saran di buku dan ebook, diantaranya menumpang kereta api ke Blue Mountains dan menumpang bus ke Mount Buller… sudah sangat banyak membantu saya menghemat biaya perjalanan kami.

Tas Rahasia Penyimpan Uang photo THS01THS02.jpg

Ketika kembali ke tanah air, saya langsung membeli ebook TravelHemat Switzerland untuk persiapan perjalanan liburan tahun depan… barangkali ada rejeki, kami bisa pergi jalan-jalan lagi:-)

Kami pernah ke Eropa tahun 2012 lalu ikutan tur karena kami dengar Eropa agak kurang aman untuk jalan sendiri. Namun karena saat itu jadwal turnya sangat padat dengan waktu perjalanan yang singkat, kami merasa kurang puas, karena tidak bisa menikmati Eropa secara lebih maksimal. Karena itu kami berkeinginan untuk kembali lagi ke Eropa di lain waktu, tentunya secara independen.