Cuple Work 250 x 306

Nikmatnya Traveling ke Macau Hongkong 2

By Faryda Endra Roosmala

(Pemenang Jalan-Jalan GRATIS ke Macau 2010)

Macau – Hong Kong

Menuju Hong Kong dari Macau, kita naik First Ferry yang tiketnya udah dibeli kemarin, Kayaknya ferry paling pagi sih jam 8.30 dan jadwal keberangkatan ferrynya tiap 30 menit. Kita pilih yang berangkat jam 09.00 AM. Harga tiketnya untuk Senin-Jumat 140 MOP, kalo Sabtu & Minggu 155 MOP.

Dari Hotel ke Terminal Maritim (pelabuhan Ferry Macau) ada bis gratis, tapi mulai operasi jam 09.30. Jadi kita naik taksi aja ke pelabuhan dengan 40 MOP. Ternyata di pelabuhan nunggu konter imigrasi dibuka jam 08.00. Untuk ke HK, kita harus lewat konter imigrasi juga. Gak ribet sih. Karena kepagian ternyata kita bisa ikut Ferry yang berangkat jam 08.30. Padahal Ferry ini ada no kursinya. Mungkin karena sepi penumpang ya, jadi gak masalah kita ikut ferry yang bukan jadwal kita.

Perjalanan lewat laut ini selama 1 jam menuju Kowloon, tempat hotel kita menginap di daerah Tsim Sha Tsui (TST). Agak mabuk dikit, karena kapalnya goyang kiri-kanan, atas-bawah dan depan-belakang.

Fara di Hong Kong

Fara di Victoria Peak (kiri) dan Lagi Ngajarin Einstein Belajar…

First ferry ini berlabuh di HongKong China Ferry Terminal yang ada di kompleks pertokoan Harbour City. Dengan berjalan kaki +/- 10 menit kita sampai di Nathan Road, di Hotel Imperial Kowloon , tempat kita menginap. Tadinya aku udah kepikiran gimana kalo voucher hotelnya yang cuma nge print di kertas Folio(yang dikirim travelHemat) ditolak. Soalnya cuma selembar kertas nge print sendiri di rumah. Alhamdulillah check in di Hotel Imperial gak ada masalah. (Besok2 kalo jalan sendiri gak takut ditolak, walau vouchernya kayaknya gak keren). Sekali lagi hotelnya bagus dan nyaman meski kamarnya agak kecil, dan yang asik banget, hotel ini sangat strategis pas di depan stasiun MRT, trus dilewati rute bis ke Bandara, dekat mesjid dan banyak tempat makan Halal di resto Pakistan /India (pilihan TravelHemat emang joss).

Waktu di Macau , Pak Nyoman kasi info bahwa di Kentucky Hong Kong ada yang beda lo menunya, jadi karena Fara udah laper kita berusaha cari Resto Kentucky. Cari2 info ke orang yang berwajah Indo. Eh, kebetulan di dekat Stasiun MTR TST (gak jauh dari hotel Imperial) ada Kowloon Park dan Mesjid. Di Kowloon Park itu ternyata kalo sabtu dan minggu banyak TKW dari Indonesia berkumpul. Tanya info Kentucky ke mbak-mbak yang ada di situ, eh koq salah satunya (Mbak Mimi, 9 tahun menetap di HK) malah jualan Nasi Kotak, yang berisi masakan Indonesia seharga 13 HK. Ya udah batal cari Kentucky, malah ikutan makan di situ sambil wawancara si mbak yang ada di situ.

Terus lanjutin perjalanan ke The Peak yang lokasinya di HongKong Island (lain pulau dengan daerah tempat hotel kita). Bisa lewat laut lagi by Star ferry yang cuma 10 menit, 2,5 HK$. Atau naik MTR (kereta) di Sta.Tsim Sha Tsui (TST), turun di Sta.Central – 8,5 HK$. Karena males jalan lagi ke pelabuhan Harbour City kita putuskan naik MTR aja yang stasiunnya di depan Hotel. Dari Sta. Central jalan kaki agak mendaki kl 10 menit, sampai di the Peak Lower Terminus untuk naik the Peak Tram menuju The Peak. Kita beli tiket untuk naik The Peak Tram (tiket return) yang paket sekalian untuk masuk ke Museum Madame Tussaud’s seharga 180 HK$/adult dan 90 HK$/senior or child. Tram ini (ada sejak tahun 1800 an) nanjak dgn sudut yang cukup nakutin untuk sampai ke puncak.

Sampai di The Peak kita bisa melihat kota Hong Kong dari ketinggian. Tapi karena hari itu agak mendung, jadi kita merasa berada di Negeri di Awan. Di Victoria Peak ini banyak resto, ada toko buku, dan lain-lain. Di dalam museum kita bisa foto2 dengan kamera kita sendiri. Tinggal pilih seleb mana yang minta foto sama kita (eh kebalik ya).

Turun dari the Peak, kita pilih pulang ke hotel lewat laut. Biar bisa ngerasain segala moda transportasi yang ada. Tinggal jalan kaki lagi ke Central Pier dermaga no 7 (dekat Sta MTR Central), untuk naik Star Ferry (transportasi laut yang menghubungkan Pulau Kowloon dan Pulau Hongkong). Tiket Mon-Fri :2,5 HK$,Sat-Sun:3HK$), menuju daerah TST lagi.

Sore jam 5 an kita ke Temple Street yang cuma melewati 1 Sta MTR saja dari Sta TST. Eh ternyata barangnya lebih murah di Ladies market (kalo pake MTR turun di sta Mongkok).

Mendekati jam 7 malem kita cepet2 balik pakai MTR lagi ke TST, menuju ke Avenue of Star, jalanan di pinggir laut yang lokasinya pun deket banget alias jalan kaki aja dari hotel Imperial. Untuk ngeliat pertunjukan Laser Symphony of Light. Pertunjukannya mulai jam 8 malem dan cuma 15 menit. Tapi ya emang unik, boleh deh dikasi tepuk tangan penonton.

Lanjutin window shopping lagi ke Ladies Market naik MTR TST turun di Sta MTR Mongkok, hanya 10 menit.Dan saking asyiknya berbelanja, kita pulang saat waktu menunjukkan jam 10 an malem. Ya udah ke Seven eleven lagi, beli mie instan dan nasi kotak, sekalian buat sarapan besok. Fara beli paket Mc D yang ternyata masih buka (paket 4 paha , 1 kentang dan 1 lemon tea -28 HK$). Makan di kamar deh.

Pagi2 kita menuju bandara jam 07.00 naik bis A 21, yang lokasi nunggu bisnya di dekat Haiphong street di seberang hotel Imperial. Tiketnya seharga 33 HK$. Lama perjalanan ke Bandara sekitar 1 jam. Dengan pesawat Tigerairways, yang transit dulu di Singapura , sampailah kita ke Tanah Air yang tercinta. Dengan hati senang (walau kaki sedikit nyut2an) dan dapat banyak cerita juga pengalaman yang bisa dibagi ke teman dan kerabat

Ok, itu semua cerita travelling kita. Thanks for all dik Agung n Travelhemat.com yang sudah mempernyaman perjalanan keluarga kita. Saving lagi ah buat next trip.

Note :

• Untuk perjalanan dengan pesawat yang agak lama dan jam-jam penerbangan yang agak-agak aneh, bekali diri dengan sedikit mata uang negara yang akan dituju. Dari pengalaman kemarin, untuk membeli makanan di pesawat, kadang tidak tersedia mesin credit card. Jadi pembayaran harus cash. Kalo laper di pesawat kan repot (karena jajan di luar pesawat gak boleh coz jendelanya gak bisa dibuka). Di penerbangan AirAsia JKT-Macau lewat KL, makanan dibeli dengan Ringgit (RM). Untuk penerbangan Tiger, HKG-JKT lewat Singapura makanan dibeli dengan Sin$.
  • Persiapkan travelling anda dengan info2 dari berbagai sumber (contohnya >> e-book serial travelhemat.com ). Jadi banyak tempat yang bisa dilihat, dengan pengaturan waktu juga transportasi yang tepat.