Cuple Work 250 x 306



 

Jangan Buang Boarding Pass Anda

By Agung Basuki – TravelHemat.com

Mendekati musim liburan panjang, saya terinspirasi untuk menuliskan artikel ini sebagai pengingat untuk Anda sekalian.

Mungkin jika ada yang masih nggak paham apa itu boarding pass, itu adalah secarik kertas yang biasanya menjadi tiket untuk masuk ke dalam pesawat udara di mana tertulis nomor penerbangan Anda, nama maskapai udara yang Anda tumpangi, berikut nomor tempat duduk Anda di penerbangan tersebut.

Seringkali, begitu turun dari pesawat di kota tujuan, maka Anda membuang boarding pass Anda begitu saja.

Nah, melalui artikel ini, saya ingin menyarankan untuk Anda agar menyimpan potongan boarding pass Anda baik-baik. Ini disebabkan bahwa potongan boarding pass ini bisa memiliki manfaat tersendiri untuk Anda.

Beberapa manfaat dengan tetap menyimpan potongan boarding pass Anda adalah sebagai berikut:

  • Potongan boarding pass tersebut bisa dikoleksi sebagai kenang-kenangan perjalanan Anda ke tempat tujuan tertentu. Anda bisa menyimpannya dalam photo album bersama dengan foto-foto Anda dalam suatu perjalanan tertentu. Ini bisa menjadi sebuah bukti nyata bahwa Anda pernah melakukan perjalanan ke kota tertentu. Secara ekonomis memang potongan boarding pass tidak memiliki nilai apapun, namun dari segi kenangan, hal ini bisa menjadi sebuah suvenir yang sangat personal yang tidak mungkin Anda dapatkan di toko suvenir mana pun! Kecuali apabila boarding pass yang Anda dapatkan dari maskapai penerbangan terbuat dari material kertas thermal (kertas faximili) di mana tulisannya bisa hilang setelah disimpan dalam jangka waktu tertentu, mungkin ide di atas bisa dilupakan. Biasanya sih, kebanyakan maskapai berbasis biaya rendah (low fare) seperti Air Asia menggunakan boarding pass yang tercetak di atas kertas thermal. Tapi kalau maskapai penerbangan lainnya yang tidak berbasis low fare, biasanya mereka menggunakan material kertas yang agak tebal.

  • Beberapa maskapai penerbangan tertentu memiliki kerjasama khusus dengan berbagai pihak. Contohnya, jika Anda bepergian ke Kuala Lumpur dengan menumpang maskapai Malaysia Airlines, maka boarding pass Anda bisa dipergunakan untuk memperoleh diskon khusus untuk berbelanja di berbagai outlet toko dan restaurant bahkan hotel yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur. Dalam kesempatan tertentu, jika Anda dalam perjalanan transit dengan waktu tunggu lebih dari 6 jam, sebelum melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya, dengan menunjukkan boarding pass tersebut, Anda bisa menikmati fasilitas city tour gratis senilai MYR34. Lain halnya dengan maskapai Singapore Airlines, Silk Air, ValuAir atau Tiger Airways. Jika Anda menunjukkan potongan boarding pass Anda di berbagai restoran, toko dan juga hotel yang ada di Singapura, Anda bisa mendapatkan diskon khusus pula. Bahkan, beberapa waktu lalu, para penumpang maskapai-maskapai berbendera Singapura tersebut dimanjakan dengan fasilitas menumpang Singapore Flyer secara gratis pula! Padahal, nilai tiket untuk menumpang salah satu objek wisata teranyar di negeri Singa itu harganya +/- SGD 20. Wow… Lumayan kaaan…

  • Hal yang ini mungkin bahkan artinya paling penting dibanding kedua hal di atas. Nah, jika Anda membekali diri dengan asuransi perjalanan saat melakukan perjalanan ke luar negeri (baca artikel tentang pentingnya asuransi perjalanan di sini!), apabila Anda mengalami kehilangan barang milik, mengalami penundaan atau pembatalan penerbangan, bahkan apabila Anda jatuh sakit sekalipun, maka untuk mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi yang bersangkutan, Anda WAJIB menyertakan boarding pass Anda sebagai salah satu persyaratan utama disamping beberapa dokumen lainnya. Tanpa adanya boarding pass asli tersebut, klaim Anda tidak akan bisa keluar.

Nah, hal-hal di atas baru beberapa manfaat dari pentingnya kita menyimpan boarding pass setelah selesai melakukan penerbangan. Mungkin kalau ada teman-teman yang mau menambahkan lagi list manfaat selain yang sudah saya tuliskan di atas, jangan ragu untuk mengirimkannya via email ke alamat travelhemat@yahoo.com supaya saya bisa meng-up date artikel ini demi kepentingan kita bersama.

Sekian dari saya untuk saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua :-)