Cuple Work 250 x 306



 

Jalan Sendiri Ke Korea Siapa Takut

BH @ Incheon

Di Incheon Airport - Seoul


By Burhanuddin Hamid

(RS. Yasmin - Banyuwangi)

Perjalanan kemarin sangat menarik buat saya, utamanya karena ini adalah kesempatan pertama travelling sekaligus ber wisata liburan saya yang agak jauh dan langsung tidak ikut dalam grup travel , dengan bekal petunjuk dan e-book " travelhemat korea " dari pak Agung…saya mem-pede-kan diri aja.

Saya berangkat bersama seorang teman dari kantor (rumah sakit). Hotel yang direkomendasikan pak Agung (Best Western Premier Garden Seoul ) lumayan murah dan letaknya strategis di pusat kota (daerah Mapo-Gu), dengan jenis semi-double, tempat tidurnya memang agak sempit, tapi kami bisa pakai berdua tanpa memesan extra bed, dengan sedikit modifikasi tentunya :)

BH @ Deoksigung Palace Seoul

Di Depan Deoksigung Palace - Seoul



Kesan saya buat Korea, orangnya ramah-ramah, kalaupun mereka menghindar saat kita bertanya, lebih karena mereka tidak pede dengan bahasa inggrisnya, biasanya hal tersebut terjadi pada orang-orang tua (diatas 40-an). Jadi, kalau ingin bertanya sesuatu sebaiknya pilih anak muda, bahasa inggris mereka relatif lebih baik.

Sebenarnya, saya relatif jarang bertanya karena petunjuk arah di Seoul sangat jelas, ditambah panduan dari travelhemat korea yang cukup detail.

Thanks to pak Agung, kami bisa memanfaatkan waktu dengan efisien karena dari e-book travelhemat korea kami mendapatkan informasi tempat yang menarik di Seoul dan bagaimana cara transportasinya. Waktu yang kami miliki memang sangat sempit, jadi praktis kami hanya punya satu hari untuk melihat-lihat Seoul, yang sempat kami kunjungi adalah World Cup Stadium, Deoksigung Palace & Namdaemun market . Seharian muter-muter Seoul kami menggunakan subway, disamping karena petunjuknya sangat jelas, juga karena di tanah air belum ada hehe….

Kendala makanan halal…tidak begitu terasa, karena kami sedang puasa :), jadi pengeluaran untuk makanan relatif kecil, disamping itu kami memang sudah prepare beberapa makanan dari tanah air.

Dan yang paling mengesankan adalah…RS.Yasmin Banyuwangi mendapatkan Excellence Award (runner up) dari Asian Hospital Management Award 2010 dalam kategori marketing, dimuat di Jawa Pos edisi 28-08-2010 :)

Sekali lagi, thanks to pak Agung dan travelhemat ….memang betul pak…perjalanan hemat ke luar negeri berawal di sini :)

Perjalanan berikutnya, tentulah referensinya dari travelhemat ….

Catatan:

· Untuk yang belum baca ebook TravelHemat Korea , bisa didapatkan DI SINI!

· Mau pesan HOTEL murah di Korea, silakan pesan online DI SINI!

· Mau pesan HOSTEL murah di Korea, silakan pesan online DI SINI!




BH @ Subway Seoul

Petunjuk Subway di Seoul - Udah ada bahasa Inggrisnya tuh…