Cuple Work 250 x 306



 

Parade Foto Ukai Festival di Gifu

Oleh Junardi Sarmili

Bulan Mei 2014 lalu, pak Junardi Sarmili melakukan perjalanan ke Jepang untuk menyaksikan Festival Ukai di kota Gifu, dan mengunjungi kota lainnya di sana. Festival Ukai ini cukup unik dan hanya diselenggarakan pada bulan pertengahan Mei - Oktober setiap tahunnya. Di bawah ini adalah oleh-oleh foto yang menarik untuk disimak…

Persiapan Cormorant Fishing photo image1.jpeg
Foto 1: Persiapan Cormorant Fishing/Ukai Performance (memancing ikan menggunakan burung yang dilatih khusus, di lehernya dikasih ring, jadi ikan tidak ditelan si burung. Tradisi yang sudah ada sejak 1300 tahun lalu) di kota kecil Gifu, 40 menit menumpang kereta api dan bus dari Nagoya Station dengan JR Line atau Meitetsu Line. Festival ini hanya diadakan antara mid-Mei sd bulan Oktober. Jenis ikan yang ditangkap adalah “sweetfish” kesukaan para shogun zaman dulu.

Nagaragawa River Gifu photo image2.jpeg
Foto 2: Menjelang senja di Nagaragawa River, Gifu, tempat pelaksanaan Ukai Performance. Kota kecil yang sangat tenang. Untuk menonton Ukai Performance sebaiknya lakukan reservasi dulu beberapa hari sebelumnya.

Todaiji Temple Nara photo image3.jpeg
Foto 3: Todaiji Temple, di kota Nara, merupakan koleksi dari UNESCO World Heritage. Di dalam bangunan kayu terbesar dunia ini ada patung Budha terbesar ke-2 di Jepang. Di salah satu balok kayu besar penyangga bangunan, di belakang patung Budha, ada lubang yang bila kita masuk dan bisa meloloskan diri, dipercayai akan tercapai cita-citanya. Todaiji temple berada dalam kompleks Nara Park yang luas dan banyak berkeliaran rusa-rusa liar. Tak jauh dari pintu masuk temple ada restoran lokal yang populer, namanya Shizuka yang terkenal akan “nasi tim” ala Jepang: Kamameshi. Datanglah sebelum jam makan siang supaya tidak harus antri panjang. Kalau sempat mampir juga ke Horyuji Temple World Heritage Site lainnya di kota Nara ini, melihat 45 bangunan kayu tertua dunia.

Nijo Castle Kyoto photo image4.jpeg
Foto 4: Nijo Castle, Kyoto. Juga termasuk dalam koleksi UNESCO World Heritage Site. Tempat tinggal Shogun. Kastil ini memiliki keunikan di lantai kayunya. Kalau jalan bisa terdengar bunyi mencicit seperti burung “nightingale floors”. Dibuat seperti itu tujuannya untuk melindungi para shogun dari ancaman musuh. Keren.

 photo image5.jpeg
Foto 5: Japanese Garden dengan Jhisu Shrine, komplek Kyomizu Temple, Kyoto, juga termasuk dalam World Heritage. Cantik sekali pemandangannya. Disini ada 2 batu “love-fortune telling stone” berjarak 9m. Bila kita bisa berjalan sambil menutup mata dan tiba di batu yang lainnya, dipercaya kehidupan cinta akan langgeng. Mau coba?

Cover TH Jepang 200 White

Baca Panduan Detil TravelHemat ke Jepang di sini!

Suasana di kota pelabuhan Kobe photo image6.jpeg
Foto 6: Suasana di kota pelabuhan Kobe, Jepang. Mampirlah untuk menikmati Kobe Beef Premium grade A5 dengan segelas wine produksi Kobe, Anda tidak akan pernah menyesal. Foto diambil dari kompleks shopping mall MOSAIC. Kapalnya sedikit menggangu pemandangan pelabuhan, mau disuruh geser menolak hehehe..

Osaka Castle photo image7.jpeg
Foto 7: Saat hujan di Osaka Castle, terbesar di Jepang yang juga world heritage. Demi foto yang baik rela berbasah basah kena hujan di bawah pohon, untung tidak ada petir hehehe…

Pohon Cedar raksasa di Okunoin photo image8.jpeg
Foto 8: Pohon Cedar raksasa usia 200-600 tahun sepanjang Okunoin di Gunung Koya, Jepang. Menginap di kuil Budha (tidak ada hotel) dan menyelami kehidupan para biksu di sana tanpa makan daging, dan belajar meditasi. Masuk koleksi World Heritage juga. Berjalan malam hari menyusuri pohon2 besar dan kuburan di kiri kanannya akan memberikan sensasi tersendiri (rekomendasi: ikutlah “cemetery night tour”) sampai ke puncak tempat Kobo Daishi/Kukai (founder Japan Budhism) melakukan meditasi abadinya.

Kyoto Tower photo image9.jpeg
Foto 9: Pemandangan kota Kyoto dengan landmark Kyoto Tower-nya, sangat cantik saat malam karena cahaya tower berubah-ubah warnanya. Foto diambil dari skywalk lantai 10 Kyoto Station yang futuristik.

Twin Tower Plaza Nagoya photo image10.jpeg
Foto 10: Twin Tower Plaza, Nagoya. Kompleks shopping mall, restoran, rekreasi, stasiun kereta dan bus, sehingga masuk rekor Guinness Book sebagai bangunan terbesar dunia yang ada stasiun kereta api di dalamnya. Hebat kan? Oleh2 khas Nagoya adalah mie pipih/kwetiau namanya kishimen dan mochi Uiro, selain juga keramik.

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php