Cuple Work 250 x 306



 

Christchurch Pass – Cara Hemat Berwisata di Christchurch

Christchurch adalah salah satu kota utama tujuan wisata di South Island – New Zealand. Meski kota ini sempat luluh lantak lantaran terkena gempa bumi dahsyat beberapa tahun lalu, saat ini Christchurch tengah berbenah besar-besaran untuk memperbaiki kerusakan besar yang melanda kota ini.

Christchurch memiliki cukup banyak objek wisata menarik yang WAJIB dikunjungi saat bertandang ke kota terbesar di South Island ini. Setidaknya ada 4 objek wisata dan aktifitas yang HARUS dilakukan saat mengunjungi Christchurch, terutama jika waktu kunjungan sangat singkat (1-2 hari).


Aktifitas pertama yang wajib dilakukan adalah PUNTING ON THE AVON, yakni menumpang perahu khusus yang didesain atraktif dengan model perahu kayu panjang kuno, untuk 2 hingga 10 orang penumpang dan didayung secara manual oleh tenaga professional yang terlatih menyusuri aliran sungai Avon berarus tenang yang membelah kota Christchurch. Aktifitas ini sangat menarik karena memberikan sensasi ketenangan alam diantara aliran air sungai yang jernih dan tenang. Bila dilakukan saat pagi dan ketika cuaca cerah, di mana sinar matahari mengenai permukaan air sungai, kita bakal disuguhi pemandangan spektakuler seolah melintasi lapisan kabut diantara pepohonan dan air sungai. Tiada kata-kata yang bisa menjelaskan sensasi pemandangan yang satu ini, kecuali Anda mengalaminya secara langsung.
 photo CHC Punting.jpg

Aktititas kedua adalah BOTANICAL GARDEN TOUR.
Christchurch dikenal sebagai salah satu kota di New Zealand, dan bahkan mungkin di Asia Pasifik yang memiliki Botanical Garden terbesar dan terindah, dengan beragam koleksi flora yang bagus dan bahkan unik untuk disaksikan. Menjelajah Botanical Garden ini bisa dilakukan dengan mengikuti Botanical Garden Tour yang sudah termasuk di dalam tiket Christchurch Pass. Di kebun botanic ini Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi pepohonan yang cantik dengan struktur yang menakjubkan. Ada sebuah pohon yang mungkin usianya sudah ratusan tahun dengan dahan besar sekali mirip tubuh ular anaconda raksasa yang meliuk-liuk. Saking besarnya, dahan pohon ini bahkan bisa menyangga tubuh beberapa orang dewasa sekaligus. Ada juga pohon eukaliptus berdiameter besar sekali, sehingga perlu rentangan tangan 10 orang dewasa (atau bahkan lebih) untuk bisa mengelilinginya.

Masih banyak lagi atraksi menarik di area Botanical Garden ini seperti Rose Garden yang jika sedang mekar semua, semerbak aroma harumnya sudah tercium dari jarak yang cukup jauh. Ada pula Tropical Forrest Conservatory, koleksi tanaman herbal dari berbagai belahan dunia, dan lain-lain.
Christchurch Botanical Garden photo CHC Botanical Garden.jpg

Aktifitas ketiga yang sangat menarik untuk dilewatkan adalah menumpang GONDOLA CHRISTCHURCH.
Menyaksikan pemandangan kota dari ketinggian adalah salah satu atraksi wisata yang tidak pernah saya lewatkan bila mengunjungi sebuah kota. Di Christchurch, kita juga bisa mendapatkan kesempatan menyaksikan area pusat kota Christchurch dan sekitarnya dari ketinggian tertentu.
Namun untuk menuju tempat ini, kita harus menggunakan jasa shuttle service sekitar 30 menit perjalanan arah ke luar kota Christchurch. Di luar tiket naik gondola (kereta gantung) menuju observatory deck untuk menyaksikan pemandangan kota Christchurch dan sekitarnya yang sangat indah, kita masih harus membayar lagi biaya shuttle service secara terpisah.
Christchurch Gondola photo CHC Gondola.jpg

Aktifitas keempat adalah menumpang HISTORICAL CHRISTCHURCH TRAM.
Christchurch memiliki perlintasan jalur tram yang melewati dan berhenti di berbagai objek wisata utama di kota ini. Tram yang digunakan berbeda dengan kebanyakan tram modern. Dengan desainnya yang vintage membuat pengalaman menjelajah kota Christchurch menggunakan Historic Tram ini menjadi sebuah hal yang sangat mengesankan. Kita bisa membeli tiket tram yang berlaku 1 hari penuh di mana kita bisa bebas naik dan turun di berbagai halte perhentian tram tersebut, dan bisa naik tram selanjutnya tanpa harus membayar lagi.
Christchurch Tram photo CHC Tram.jpg

TIPS HEMAT!

Untuk bisa menikmati keempat atraksi menarik di Christchurch ini, apabila membeli tiketnya secara terpisah, maka secara total kita harus membayar sekitar 90 NZD. Namun dengan membeli Christchurch Pass di SINI, kita cukup membayar sekitar 65 NZD saja, sudah termasuk tiket shuttle bus dari/ke Gondola Christchurch yang kalau dibeli terpisah harganya 10 NZD (dewasa) dan 5 NZD (anak-anak).



Klook.com


Yang patut dicatat adalah, hanya Provider INI yang memberikan tiket shuttle bus GRATIS dari/ke Gondola Christchurch, karena jika membeli Christchurch Pass dari provider lain, sejauh penelitian saya, tiket bus shuttle dari/ke Gondola Christchurch TIDAK TERMASUK, sehingga kita harus membayar lagi untuk menggunakan jasa ini.

Jadi, jika Anda berencana berkunjung ke Christchurch, jangan sampai terlewatkan membeli tiket Christchurch Pass jauh-jauh hari sebelumnya, karena ketersediaan tiket ini sangat terbatas dan peminatnya banyak sekali, mengingat selisih harganya yang cukup besar dan ditambah lagi fasilitas ekstra berupa shuttle service GRATIS dari/ke Gondola Christchurch tersebut.

Untuk panduan travelling hemat secara lengkap dalam bahasa Indonesia, silakan baca serial ebook TravelHemat New Zealand di SINI.

Cover TH NZ 300 pix white

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php