Cuple Work 250 x 306



 

Backpacking ke Jepang

Testimoni dari Jefry Ondang yang barusan awal Maret ini melakukan TravelHemat ke Jepang, patut dibaca oleh siapa pun yang selama ini masih ragu untuk melakukan perjalanan, liburan, wisata, backpacking ke Jepang TANPA ikutan tur.

Sama sekali tidak pernah terlintas saya akan pergi ke Negara sakura tersebut  (walau gak ketemu sama yang namanya sakura lantaran salah musim, hehehe). Beberapa kali diajak saudara, saya tidak tertarik, karena apa? Karena masih sama-sama Asia…..hehehhe

Tetapi entah kenapa waktu melihat ada promo dari Air Asia, eh…  jadi ikutan booking tiket.
Alhasil, sibuk dah persiapin segalanya buat jalan ke Jepang, mulai search bakalan mengunjungi apa saja di sana, naik apa, kota mana saja…  ugh sungguh merepotkan.

Musim Dingin di Jepang

Tetapi untung saya membeli ebook dari Travel Hemat tentang Jepang, jadi saya banyak masukan. Sungguh sangat membantu, apalagi ditambah dengan kebaikan Pak Agung yang tidak pernah bosan  menjawab semua email pertanyaan saya tentang Jepang, baik itu tentang pass apa saja yang dipakai, hotel mana saja yang hemat namun strategis, dan lain sebagainya.  Beneran gak bosan ya Pak, hahahahha…. Sekali lagi terima kasih Pak Agung ?

Jujur  waktu saya menyusun semua itinerary perjalanan di Jepang, ada sedikit keraguan saya untuk pergi ke sana. Bagaimana tidak ragu? Saya pergi sendirian , gak ikut tour lagi, dan ini juga pengalaman pertama saya ke Jepang…. Semuanya serba mandiri .

Apalagi ada teman saya orang Jepang yang tinggal di Indonesia yang mengatakan akan sulit jika tidak punya teman di sana untuk bisa traveling ke Jepang tanpa ikutan tur.  Lagi-lagi untung ada Pak  Agung yang memberikan dorongan dan semangat bahwa saya pasti bisa melakukannya. Dan memang saya bisa juga hehehe. Buktinya, saya ngga akan tulis artikel ini kalo ngga sukses melakukan TravelHemat ke Jepang…

Mungkin  ini pemikiran banyak orang juga yaaa, soalnya waktu saya balik Indonesia dan mereka tahu saya jalan sendirian tanpa ikut tour mereka bilang hebat dan berani. Padahal sebenarnya biasa saja. Saya yakin semua orang bisa melakukannya asal mau dan tidak malu bertanya. Karena rata rata masyarakat Jepang helpful banget… baik baik orangnya.

Jefry di Miyajima

Saya mengunjungi kota kota sebagai berikut: Osaka – Beppu – Hiroshima – Kyoto – Tokyo – Fujisan.
Di Osaka saya pergi ke Minoo park, Osaka Castle, Kaiyukan ( aquarium terbesar katanya). Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain sih, tapi karena keterbatasan waktu,  saya cuma sempat pergi tempat-tempat itu saja.

Di Beppu saya mengunjungi The Hells , rekomendasi dari ebook TravelHemat Jepang… Keren banget… Tetapi sayangnya The Hells yang sekarang cuma ada 8 saja yang bisa dikunjungi. Sebenarnya sih harusnya ada 10, tetapi karena alasan tertentu, 2 diantaranya sudah ditutup.

Saya juga mengunjungi Mt. Aso, gunung dengan kaldera terbesar di Jepang, tetapi sayang waktu itu gak bisa melihat kalderanya karena kabut saat itu sangat tebal… ?

Di Hiroshima saya mengunjungi Memorial Peace Park, dan tidak lupa ke Miyajima juga .

Yang paling berkesan sih waktu saya mengunjungi  Fujisan…. Totalnya ada 5 danau vulkanik super indah di daerah itu yang beruntungnya, sempat saya kunjungi semua. Pemandangannya SUPER bagus loh. Jadi pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke tempat ini kalau ke Jepang. Apalagi pas saya ke sana kan kebetulan lagi musim dingin, jadi di sekitar Lake Yamanakako… sebagian besar areanya masih tertutup salju… Jadi pemandangan kereeeeen banget…

Lain kali waktu saya pasti mengunjungi Jepang lagi ?

Cover TH Jepang 400 White

Tips :

  • Kalau sering pindah ke beberapa kota sebaiknya Beli JR PASS, sangat hemat sekali. Soalnya kalo beli tiket kereta poin to poin bisa habis banyak duit banget.
  • Jangan pernah takut bepergian secara independen. Kuncinya adalah jangan pernah malu bertanya kalo tersesat. Masyarakat Jepang sangat baik dan penolong ?
  • Kalau tidak kuat udara dingin, perginya di atas bulan Maret saja. Suhu udara di bulan Maret masih di bawah 5C di siang hari. Tapi kalau kepengen lihat dan main-main salju ya Maret adalah waktu yang tepat… Namun persiapkan baju hangat yang tebal sebagai bekal.
  • Jangan lupa BACA dan praktekkan panduan yang ada di ebook serial TravelHemat ?