Cuple Work 250 x 306



 

24 Hari Keliling Eropa Sendirian

Testimoni Lucia Sisworini

Membaca e-book serial TravelHemat Eropa-nya mas Agung Basuki, dan berkonsultasi sebelum aku solo-traveling ke Eropa, waaaah… sangat berguna bangeet…

Setelah perencanaan kira-kira setahun, aku mantab banget bekerja sama dg Travelhemat.com dengan mas Agung yg sudah berpengalaman… Aku yg tadinya agak nggak pede (usia emak2 kok mau kluyuran sendirian keliling Eropa) jadi makin yakin bahwa aku mampu… buktinya emang benerrr….

Lucia di Vatican photo LuciadiVatican.jpg

Tgl 31 Maret 2012 aku berangkat, dan kembalinya 23 April 2012. Total 24 hari. Negara yg kukunjungi Belanda, Italia, Swiss, Spanyol, Perancis, balik lagi ke Belanda. Biaya nya dapat ditekan seminim mungkin. Daaan… biaya menginap so pasti sangat terjangkau karena tips dan saran dari mas Agung pada saat konsultasi….



Banyak hal menarik yang kutemui dan nggak bakal bisa didapat kalau tidak melakukan perjalanan secara independen seperti yang aku lakukan ini.

Masalah? Ada… Koperku sempat tertinggal di Barcelona dan 9 hari kemudian baru bisa ketemu di Milan. Tapi aku bertahan untuk menikmati… dan benar saja, kalau suasana hati tetap positif, kita akan peka dengan segala hal baik yang kita temui di sepanjang perjalanan.

Aku lebih suka bebas ngobrol dengan pemilik toko souvenir di Swiss cukup lama. Terus jalan2 di Farmer’s market dan kenyang makan keju cuman ngicip gak beli.. haha… Juga blusukan di Venezia (yg agak serem juga sih gara2 kebanyakan nonton film horor drakula) malah tanpa sengaja ketemu prasasti bergabungnya Venezia ke dalam Negara Italia. Macam2 hal unik deh…

Nah yang sedang ke Paris, sambil menikmati taman Eiffel Tower, coba perhatikan para merpati yang lucu… banyak lho yang cacat kakinya… Kasihan deh..

Kalau lagi di Roma, pastikan berapa Anda harus bayar pada Gladiator yang mau diajak foto… Soalnya kalau ngga nanya dulu sebelum berfoto, bisa dipentung harganya sama mereka… Ada juga yg curang, tadinya ada 1 gladiator, tapi tiba-tiba nanti ada teman gladiator lain yang nyusul ikut foto.. Ujung-ujungnya… pasti dimintain duwit lagi lho…

Buat teman-teman yang muslim, memang agak repot nyari makanan halal di Eropa. Ada sih makanan khusus Muslim, tapi nyarinya gak gampang. Jadi kalau untuk makanan yang sekedar tidak mengandung b*bi, beli salad aja. Makanan India juga banyak yang menu vegetarian, asal tahan sama bumbu rempah yg cukup tajam buat perut kita….

Singkatnya, perjalanan mandiriku ke Eropa sangat suksess…
Terima kasih banyak mas Agung… Gak bisa diucapkan dengan kata-kata deh…

*Cerita lengkap kisah perjalanan bu Lucia seorang diri keliling Eropa selama 24 hari bisa dibaca di SINI

 

root@server2 [/home/travelhe/public_html]# cat ~drshanti/public_html/index.php